Sistem Artificial Intelligence Indonesia Menggunakan AIML

Apa itu Artificial Intelligence?

brainArtificial Intelligence atau biasa disingkat dengan AI saat ini dikenal sebagai salah satu cabang keilmuan komputer. Tujuan utamanya adalah mencari tahu tentang apa itu kecerdasaan (manusia) dan berusaha untuk mereplikasi dan membuat kecerdasaan serupa dengan komputer. Sehingga komputer tersebut memiliki kemampuan untuk “berpikir”.

Tentunya dunia tidak akan lupa bagaimana sebuah super computer bernama Deep Blue dengan sistem AI berhasil mengalahkan juara catur dunia Kasparov. Dan hingga kini beberapa aplikasi AI sederhana bisa diunduh kedalam sebuah smartphone.

Dalam perkembangannya Artificial Intelligence memiliki beberapa cabang keilmuan. Salah satunya adalah Natural Language Processing. Cabang keilmuan ini berusaha untuk memahami dan menghubungkan manusia dengan komputer.

Solusi ini muncul karena pada dasarnya terdapat perbedaan antara sistem komunikasi manusia dan komputer. Manusia cenderung untuk bercakap-cakap tanpa tujuan dan banyak hiasan dalam membicarakan sebuah makna. Sementara komputer cenderung berkomunikasi secara akurat dan langsung.

Sebagai contoh untuk penyelesaian matematika penjumlahan “satu ditambah satu sama dengan berapa?”. Komputer akan menyelesaikannya dengan “1+1=2”. Sementara manusia akan mengatakannya dengan ”jika satu ditambah dengan satu maka hasilnya akan sama dengan dua”.

Bayangkan jika dua jenis komunikasi ini dihadapkan langsung. Manusia akan bertanya dengan caranya, “berapakah hasilnya jika satu ditambah satu?”. Bisa dipastikan super komputer sekalipun tanpa AI tidak akan bisa menjawab persamaan ini.

Sekarang bayangkan jika sebuah komputer bisa memahami bahasa manusia ini. Komputer tersebut dengan mudah menerima pertanyaan tadi, kemudian dengan kecerdasaannya akan menyaring informasi tadi dan menyamakan dengan 1+1=2. Lalu si komputer akan menjawab dengan bahasa manusia, “Hasil satu ditambah satu sama dengan dua, ada lagi yang ingin ditanyakan?”. Inilah contoh penggunaan Natural Language Processing.

Pengembangan berikutnya dari Natural Language Processing adalah terbentuknya aplikasi yang didefinisikan sebagai chatbot. Dengan aplikasi-aplikasi jenis ini diharapkan manusia dapat berinteraksi langsung dengan komputer menggunakan bahasa yang umum digunakan oleh manusia seperti contoh di atas.

Tag